Friday, April 10, 2020

Bandwidth, Frekuensi Carrier, Phase

Bandwidth

Bandwidth adalah lebar pita. Dimana satu pita, ada Frekuensi Center nya. Itulah biasanya yang disebut frekuensi Carrier.

Pada konteks Wifi 2.4 GHz, maka frekuensi carrier nya adalah di sekitaran 2.4 GHz.

Namun informasi yang dibawa, itu tergantung lebar bandwidthnya.


Dalam komunikasi Wifi center frekuensi ini serta lebar bandwidth nya sudah diatur, yaitu untuk channel nya ada 11 channel (standar nya adalah 14 channel) dengan bandwidth 5 MHz per channel.


Terlihat bahwa channel 1, Center Frequency adalah 2.412 MHz. Dalam prakteknya sebuah Wifi Access Point maupun client, akan menggunakan bandwidth 20 MHz. Artinya akan menghabiskan 4 kanal 5 MHz. Oleh karena itu dalam spektrum 2.4 GHz seperti gambar diatas hanya terdapat 3 non overlaping channel, yaitu channel 1, 6, dan 11.

Phase

Apa itu Phase (atau fasa) dalam gelombang radio? Phase adalah ukuran yang menyatakan seberapa telat signal terhadap timing yang dikehendaki. Jika tidak tidak telat maka signal di sebut in-phase (dalam fasa). Jika signal telat bangkitnya maka ini disebut kondisi out-of-phase (keluar dari fasa).


Signal yang biasa kena pantulan dan mengalami path yang lebih panjang dari signal asli, biasanya di receiver akan menerima signal ini (signal asli in-phase, dan signal pantulan out-of-phase). Karena kedua signal ini saling berbeda fasa maka akan saling merusak. Sehingga penerima akan tidak bersih men-decode signal yang ditangkap.

No comments: