Friday, April 10, 2020

Antenna, Polarisasi, EIRP

Antenna adalah alat yang mengumpulkan energi dari gelombang elektromagnetik. Antena memiliki polarisasi, biasanya vertikan atau horizontal.

Apabila antenna di set berdiri, maka gelombang yang dipancarkan polarisasi vertikal.


Pada gambar diatas Antenna posisi berdiri (vertikal). Antena juga punya ukuran yaitu panjang Antenna yang mana idealnya minimal 1/2 panjang gelombang.


Gambar diatas memperlihatkan bentuk polarisasi vertikal. Jika antenna penerima diset sebagai vertikal juga maka signal yang diterima akan optimal.


Gambar diatas memperlihatkan polarisasi horizontal. Hal ini terjadi jika antena pengirim di tidurkan. Jika antenna penerima juga ditidurkan maka penerima akan menangkap signal yang optimal.

Catatan: Pada kenyataannya signal akan menubruk benda-benda keras, sehingga penerima akan mendapatkan beberapa signal, dan ada juga terkadang pergeseran polarisasinya. Oleh karena itu system pengiriman dan penerimaan Wifi saat ini sudah menggunakan beberapa antenna penerima (MIMO).

Panjang Antenna

Antenna Wifi 2.4 GHz umumnya punya panjang 12,5 cm.

Perhitungannya sbb:


Terlihat pada gambar, frekuensi 2.4 GHz, memiliki panjang gelombang 12.5 cm (di gambar panjang 19.3 cm, mencukupi untuk mengumpulkan energi satu panjang gelombang atau lebih).

Ukuran Antenna

Antenna itu seperti kuping. Makin besar kuping kita makin sensitif pendengaran kita, sehingga lawan bicara cukup berbisik maka kita sudah paham apa yang lawan bicara sebutkan.


Itulah sebabnya kenapa di stasiun bumi, antenna yang dipasang besar-besar. Kenapa?

Karena dengan besar antena di pusat, maka di remote cukup antenna kecil saja. Artinya remote area cukup "berbisik" saja, maka pusat sudah paham apa yang di bicarakan oleh remote area.


EIRP

EIRP adalah satuan yang sering dipakai di komunikasi radio digital. EIRP (Earth Isotropic Radiated Power) adalah satuan dari berapa kuat signal di keluarkan dari Antenna.


Dalam gambar diatas EIRP adalah penjumlahan dari Transmit Power dikurangi dengan Redaman Cable di tambah dengan Gain Atenna.

Sebagai contoh:

Transmit power 10 dBm, Cable loss -5 dB, Antenna Gain 8 dBi, maka

EIRP = 10 dBm - 5 dB + 8 dB = 13 dBm = 10^(1,3) mW = 19,95 mW.

No comments: