Saturday, April 11, 2020

802.11 RTS/CTS

RTS/CTS banyak ditemukan pada interface synchronous (seperti V.35), atau RS-232. Perhatikan komputer kita biasanya punya port Com-1 ini biasanya 9 pin RS-232 spt gambar ini.


Pin 7: RTS - Request To Send
Pin 8: CTS - Clear To Send

Dalam komunikasi berbasis kabel, kedua signal ini diperlukan. RTS akan aktif jika sebuah stasion ingin mengirimkan data lewat pin 3 (TXD). Station akan menunggu dulu modem mengaktifkan pin CTS. Jika sebuah station (PC/Laptop) misalkan menerima signal CTS ini, maka dia tahu bahwa medium komunikasi kosong. Maka barulah stasion tsb mengirimkan bit bit data keluar dari pin 3 (TXD).

Nah prinsip ini juga di adopsi oleh Wifi.

Cara Kerja RTS/CTS




Jika sebuah station (Laptop) ingin mengirim data yang besar ke device lain, maka station akan kirim RTS ke AP. AP akan melihat situasi, jika OK, AP akan kirim CTS. CTS ini akan di dengar oleh semua peserta yang terhubung ke AP tsb. Ini agar mengindikasikan buat stasion-stasion lain bahwa ada station yang sedang akan mengirimkan paket dalam jumlah besar, dan akan sabar menunggu sampai Laptop selesai mengirimkan paket besar tsb.


Gambar diatas menunjukkan settingan RTS di Access Point, dan di Laptop.

RTS Threshold di set 2347. Artinya jika ada sebuah station akan kirim paket lebih besar dari 2.347 bytes maka station tsb akan kirim dulu RTS. Dan menunggu CTS dari Access Point. Jika AP approved maka AP akan mengirimkan CTS ke semua peserta dalam kanal tsb.

Catatan: hal yang sama juga bisa terjadi jika AP yang ingin kirim paket besar ke sebuah Station X. Maka AP akan kirim RTS ke Station X. Dan Station X akan kirim CTS ke AP (namun juga di dengar oleh semua station peserta dalam kanal tsb).

No comments: