Saturday, April 11, 2020

802.11 Beacon, DTIM, SGI

Salah satu parameter yang bisa di tuning dari sisi AP adalah Beacon, DTIM, dan SGI.

Beacon

Beacon adalah signal yang dikirim oleh AP secara berkala. Beacon selalu dikirim dengan MCS (Modulation & Coding Scheme) terendah. Ingat kembali artikel tentang Modulasi dan Coding. Jika terendah maka biasanya dikirim dengan Modulasi BPSK dan Coding FEC 1/2.

Beacon berisi informasi tentang sebuah AP, dan kemampuan nya. Biasanya semua station akan scanning beacon-beacon ini dan jika sudah terhubung, akan lock di beacon ini terus.



DTIM

DTIM (Delivery Traffic Indication Message) dikirimkan secara berkala juga oleh AP. Salah satu fungsinya selain untuk menginformasikan tentang kondisi traffic, juga dipakai untuk mengirimkan signal bagi sebuah station yang sebelumnya sleep, agar station tsb bangun dan bisa menerima paket dari AP.

DTIM ini bisa di set per kelipatan Beacon. Misalkan DTIM diset 1, artinya setiap Beacon dikirim DTIM juga di kirim. Apabila DTIM diset 2, maka setiap 2 beacon akan dikirimkan 1 DTIM.


SGI

Sebagaimana diketahui, OFDM memberikan Guard Interval antar Symbol agar tidak terjadi ISI (Inter Symbol Interferance). Lihat kembali artikel tentang OFDM.

Pada Wifi, OFDM disediakan 2 Guard Interval
o Long GI: 800 ns
o Short GI: 400 ns

Karena kanal sudah di pecah-pecah menjadi carrier yang kecil-kecil dan saling ortogonal, maka aman jika di terapkan Short GI.

Biasanya parameter ini bisa diset di AP.

Dengan Short GI (SGI) ini maka throuput bisa dinaikkan 2x lipat dibandingkan dengan Long GI.


Ingat kembali teori probabilitas interfrensi jika kanal terlalu sibuk, maka dengan memendekkan GI ini kanal idle akan menjadi lebih sedikit (artinya kanal akan lebih ter utilize), sehingga probabilitas terjadinya tubrukan paket di udara menjadi lebih tinggi.

Jika dalam situasi noise rendah, dan tidak banyak device yang sehari-hari terhubung (spt kondisi rumah dengan 3 anggota keluarga saja), maka penggunaan SGI tidak masalah. Namun di situasi yang sangat crowded spt ruko di pasar yang padat, maka lebih bagus menggunakan Long GI.

<eof>

No comments: