Monday, October 14, 2019

Multicast-8: Advance PIM Sparse-4

Video lanjutan.


Slide terakhir dari lecturer ini sbb.



Slide ini menjelaskan situasi bagaimana proses terjadinya SPT Switchover.

Apa itu SPT Switchover? SPT (Shortest Path Tree) Switchover, yaitu proses dimana LHR (dalam hal ini R6) mengubah penerimaan multicast tidak dari RP lagi tapi dari path lain.

Dalam gambar terlihat R6, awalnya menerima multicast dari R1, R2, R3, R4, R6, yaitu via RP. Tapi setelah beberapa saat R6 tidak menerima dari jalur itu lagi, tapi dari jalur baru, yaitu R1, R2, R7, R4, R6.

Kenapa begitu? Karena berdasarkan unicast routing, path terbaik via R7 (karena interface nya besar misalkan 10Gbps).

Bagaimana SPT (S,G) tree ini terbentuk?

Proesesnya bermula dari LHR R6, saat sudah menerima paket multicast pertama, maka LHR akan tahu berapa IP Unicast Source dari Multicast tsb.

Lalu R6, akan coba melakukan proses PIM (S,G) join ke R4, lalu R4 karena menerima (S,G) join akan liat routing table, ternyata best path via R7, maka dikirim paket PIM (S,G) join ke R7.

Kenapa R4 tidak kirim ke arah RP? Ingat, jika (*,G) Join maka R4 akan kirim ke arah RP. Karena Source belum di ketahui. Tapi, kalau (S,G) join karena S yaitu IP Unicast Source diketahui, maka R4 tidak perlu bertanya ke RP, tapi dia cukup konsultasi ke unicast routing table nya. Diketahui best path ke R7, maka di kirim lah paket PIM (S,G) join tsb ke R7.

Demikian seterusnya sampai di R2.

Saat sampai di R2, maka R2 tahu bahwa ada interface lain yang juga tertarik dengan S,G, maka dia akan set interface tsb sbg OIL (Output Interface).

Selanjutnya paket multicast akan mengalir via SPT, yaitu R1, R2, R7, R4 dan R6

No comments: