Friday, April 10, 2020

Received Power vs SNR

Sebuah penerima signal akan menerima signal pada level sensitivitas tertentu. Dalam konteks Wifi, maka received level signal harus lebih besar dari -82 dBm. Ini dengan anggapan tidak ada noise lain yang diterima.

Noise Floor

Noise bersifat merusak signal yang diterima. Dalam komunikasi radio dikenal namanya noise floor. Yaitu sebarapa aggregate noise yang akan tercampur dalam signal. Kenapa disebut floor, karena biasanya noise ini level power nya rendah dan merata (spt lantai / floor) di spektrum yang lebar.


Signal yang diterima di penerima akan di bandingkan terhadap noise floor ini. Sehingga perbandingan ini disebut SNR (Signal to Noise Ratio).

SNR

Biasanya ada persyaratan dari receiver, ambang SNR yang bisa di toleransi. Dalam konteks Wifi SNR harus diatas +19 dB.

Dalam gambar diatas signal power nya diterima -55 dBm, tapi noise floor -90, maka SNR dihitung sbb:

SNR = Signal (dBm) - Noise (dBm) = -55 - (-90) = + 35 dBm > +19 dB

Karena SNR masih diatas +19 dB maka signal spt diatas masih bisa di decode oleh Receiver.

Ada kalanya signal-signal lain masuk sebagai perusak, maka dalam hal ini noise floor bisa naik. Misalkan noise floor menjadi -60 dBm.

Maka SNR akan menjadi +5 dB. Dalam hal ini signal sudah tidak bisa di decode oleh Receiver. Walaupun signal strength cukup kuat yaitu -55 dBm (masih jauh diatas batas threshold -82 dBm).

Catatan: SNR karena merupakan Ratio (perbandingan) maka satuannya dB (bukan dBm).




Terlihat pada gambar diatas, signal strength cukup kuat diterima yaitu -45 dBm. Dan jika noise floor -100 dBm, maka SNR +55 dBm (sangat bagus).

Catatan: SNR hanya bisa di lihat menggunakan Spectrum Analyser.

RSSI

Dalam dunia Wifi dikenal parameter RSSI (Received Signal Strength Level). Ini adalah ukuran seberapa dBm signal di terima. Luckily, RSSI ini bisa di check pakai HP Android. Tinggal install program spt "Wifi Monitor".


Terlihat di gambar dalam periode waktu awal-awal noise floor masih rendah yaitu -90 dBm, sedangkan RSSI -54 dBm, sehingga SNR +36 dB (masih bagus).

1 comment:

Nurhakim said...

Saya suka Blog ini, banyak ilmu yg saya dapatkan. Semoga keberkahan Allah untuk pemilik Blog ini