Monday, October 14, 2019

Multicast-5: Advance PIM Sparse-1

Saya menemukan tutorial yang sangat lengkap untuk penjelasan PIM Sparse. Jadi sayang jika tidak di dokumentasikan.

Video-1: IP Multicast Introduction to PIM Sparse Mode



Video Lecturer diatas menjelaskan konsep umum PIM Sparse Mode. Slide terakhir dari video tsb adalah berikut.



Video pertama menjelaskan, bagaimana proses multicast mengalir dari S (Source) ke Receiver. Ada dua proses:

Proses Receiver mendaftarkan diri ingin mendengarkan multicast group G:

1. Receiver kirim IGMP Signalling yaitu IGMP Join (*,G) garis warna biru.

Kenapa (*,G) karena Receiver tidak tahu siapa yang jadi Source. Receiver tidak tahu berapa IP Unicast Source. Karena tidak tahu itu, Receiver hanya kirim IGMP Join (*,G).

Btw, R5 di gambar menerima juga paket IGMP Join ini, tapi karena dalam multi-access network yang sama ada proses pemilihan DR (Designated Router) per segment LAN, dalam hal ini R6 terpilih jadi DR, maka R5 sifatnya pasif.

2. Setelah menerima paket dari receiver, maka R6, meng-create (*,G) entry. Karena sebelumya R6 sudah tau IP address dari RP, maka R6 akan kirim paket PIM Joint (*,G) garis warna hijau ke arah atas, dengan melihat unicast routing table, yaitu ke arah R4.

3. Router  R4 melakukan hal yang sama, mengirim PIM Joing (*,G) ke arah RP.

4. Setelah sampai di RP, maka RP akan tahu, bahwa pada interface arah bawah dia ada yang berminat dengan multicast G.

5. Proses pembentukan Tree (*,G) selesai. Dimana LHR (Last Hop Router) yaitu R6 sebagai Leaves (daun), dan RP yaitu R3 sebagai Root (akar).


Selanjutnya, dalam proses terpisah ada proses Pendaftaran Source ke RP.

1. R1, begitu menerima siaran dengan destination address multicast G, maka R1 yang disebut FHR (First Hop Router) akan membuat entry (S,G). Dimana S adalah IP unicast dari Sender.

2. Setelah itu, R1 akan mengirim laporan ke RP garis warna kuning, menggunakan unicast. Dan paket siaran multicast ini (S,G) akan di bungkus dalam unicast ini. Paket ini disebut PIM Register Message.

3. Karena PIM Register Message ke arah RP (R3) ini unicast maka MHR (Middle Hop Router) yaitu R2 tidak tahu menahu, hanya memforward paket unicast ini seperti biasa.

4. RP begitu menerima paket PIM Register Message akan meng-create entry (S,G).

5. Selanjutnya RP akan memulai proses kebalikan, yaitu mengirim PIM Join (S,G) ke R2, lanjut R2 ke R1, garis warna merah pekat. R2 dan R1 juga akan meng-create entry (S,G).

6. Proses Pendaftaran Source ke RP selesai, dimana sekarang terbentuk Source Tree, dimana RP sebagai Leave (daun) dan R1 sebagai Root (akar).


Proses selanjutnya adalah: RP akan mengcopy setiap paket multicast yang diterima dari Tree (S,G) ke Tree (*,G), lalu akan dilihat mana OIL (Output Interface) di Tree (*,G) tsb, yaitu interface ke arah bawah (ke arah R4, lanjut R6).



No comments: