Friday, October 19, 2018

Modulasi Analog AM, FM, PM

Dalam artikel sebelumya dijelaskan tentang peranan modulasi untuk transmisi signal jarak jauh. Kali ini akan dijelaskan tentang 3 jenis modulasi analog, yaitu:

1. AM : Amplitude Modulation
2. FM : Frequency Modulation
3. PM : Phase Modulation

Sebelumnya perlu di ingat bahwa Modulasi adalah proses membungkus signal frekuensi rendah ke signal ke frekuensi yang lebih tinggi.

AMPLITUDE MODULATION

Gambar dari AM adalah sbb:


Disisi receiver sinyal AM akan dikurangi dengan sinyal Carrier untuk mendapatkan kembali signal Message. Signal message disini berupa signal suara, yaitu perubahan voltase pada keluaran microphone.

Apabila signal message sudah didapat maka signal ini diteruskan ke Loudspeaker untuk menghasilkan suara kembali.

FREQUENCY MODULATION


Modulasi frequensi terjadi dengan melihat signal message. Apabila signal message pada titik 0V, maka transmitter akan mengeluarkan signal dengan frekuensi carrier wave. Perlahan signal message bergerak ke arah Crest (puncak) +2V, maka perlahan transmitter akan menaikkan frekuensi. Lalu signal message bergerak kembali ke arah 0V, maka transmitter akan mengeluarkan signal kembali ke frekuensi carrier. Selanjutnya signal message bergerak ke arah Trough (palung) -2V, maka transmitter akan menurunkan frekuensi. Demikian seterusnya.

Pada sisi receiver, ada perangkat yang mendeteksi apabila frekuensi menaik, maka buat kurva Crest (puncak). Apabila frekuensi menurun maka buat kurva Trough (palung). Apabila palung, puncak, palung, puncak ini di hubungkan dengan garis maka akan terbentuk kembali signal message, yang selanjutnya diteruskan ke Loudspeaker.


PHASE MODULATION


Modulasi signal terjadi dengan cara melihat apabila ada Crest maupun Trough maka transmitter akan mengeluarkan siyal dengan mengubah fasa 180 derajat.

Pada sisi receiver pun demikian. Apabila receiver mendeteksi ada perubahan fasa 180 derajat, maka buat kurva Crest (puncak). Apabila ada perubahan fasa lain 180 derajat, maka buat kurva Trough (palung). Apabila palung, puncak, palung, puncak ini di hubungkan dengan garis maka akan terbentuk kembali signal message, yang selanjutnya diteruskan ke Loudspeaker.

Referensi
https://www.tutorialspoint.com/communication/modulation_graphical.asp
https://www.tutorialspoint.com/communication/definitions_modulation.asp

No comments: