Friday, September 28, 2018

Mengatasi Audio Tidak Sync (Live)

Ada kalanya penerimaan Satelit, audio tidak sync dengan video-nya. Seperti case berikut.


Terlihat disini bahwa salah satu solusinya adalah meng-edit PCR PID.

Apa itu PCR?

PCR singkatan dari Program Clock Reference.

Dalam transmisi MPEG TS, terkait dengan clocking dikenal 3 parameter:

PCR: Program Clock Reference
DTR: Decode Time Reference
PTS: Prsentation Time Reference

Informasi PID dari PCR ini masuk dalam PMT masing-masing program. Oleh karena itu perhatikan video diatas, ada 3 PID yang bisa di ubah: PID Video, PID Audio dan PID PCR.

Ke tiga PID ini sebenarnya diinformasikan dalam PMT. Tentang PMT baca disini.

Apa Fungsi PCR

Seperti terlihat di gambar, PCR fungsinya untuk mensinkronkan clock disisi penerima. Sebagaimana diketahui dalam transmisi jarak jauh khususnya via satelit terkadang terjadi jitter (karena satelit bergerak ke kiri dan ke kanan).

Jika di sisi decoder menggunakan clock internal nya, maka bisa jadi timing untuk memunculkan gambar dan audio menjadi tidak pas, alias swing. Oleh karena itu dalam stream MPEG TS dimasukkan informasi mengenai Timing, dalam PID tertentu, yang mana field ini disebut PCR.



Terlihat bahwa ada 42 bit STC (System Time Clock) yang dikirim sebagai informasi PCR ke perangkat Decoder. PCR yang diterima Encoder ini akan mengkoreksi STC di Encoder (untuk mengakomodir jitter dll). Setelah dikoreksi STC ini akan di kirim ke ES Decode.

PCR Field 

PCR Field sebesar 42 bit (jika 6 bit reserve tidak dihitung) dimana di carry dalam Adaptation Field, seperti gambar.




Terlihat bahwa PCR field ini terdapat dalam header TS, bagian Adaptation Field. Header TS minimal 4 byte, maksimal tidak dibatasi (karena adanya Adaptation Field), dan dalam Adaptation Field bisa dimasukkan stuffing bit dalamnya. Ini agar menggenapi 188 byte (1 frame TS).

Ingat bahwa PES (Packetized ES) besarnya 64 byte. Sedangkan container nya bisa memuat 184 byte (188 - 4 byte header wajib). Sehingga bisa di kompensasi dengan memasukkan stuffing bit.

Mengapa kadang PCR ini menjadi corrupt?

Apabila PCR corrupt atau salah maka terjadi ke tidak sinkronan audio dengan video. Penyebabnya:
o Encoder salah dalam men-generate PCR info
o Multiplexer salah dalam melakukan re-stamping PCR info
o Kemungkinan lain (spt problem di transmisi dll)

Apa yang bisa dilakukan?

Jika terjadi audio tidak sync dengan video, maka bisa dilakukan perbaikan dari sisi source. Cek perangkat Encoder atau Mux. Apabila terdapat menu untuk "Sync Audio with Video" maka pakai opsi tsb, lalu lihat perubahan di Decoder. Opsi lain, adalah mengubah setting PID dari PCR di Decoder spt yang dijelaskan dalam video youtube diatas.





No comments: